Kamis, 12 Agustus 2010

puasa untuk adik-adik

siaran lageee!!!!

"citra anak muslim"

asalamua'laikum.....

berpuasa adalah menahan diri dari segala hawa nafsu. misalnya, menahan diri dari rasa lapar dan haus, menahan diri dari emosi, dan masih banyak lagi.

boleh nggak ya? adik-adik yang masih kecil dan belum akil baligh berpuasa??

(akil baligh itu : artinya satu proses dalam hidup di mana tubuh badan akan mengalami perubahan berubah dari seorang kanak-kanak ke seorang dewasa).

Akil baligh bermula antara umur 9 - 16 tahun bagi lelaki dan perempuan.Ada yang mengalaminya lebih awal dan ada juga yang lewat. tergantung nutrisi yang tergantung didalam tubuh.

nah, tentunya adik-adik kan belum akil baligh. boleh nggak ya puasa?

Ya, anak-anak kecil yang belum mencapai usia baligh diperintahkan untuk berpuasa jika mereka mampu. Sebagaimana hal ini dilakukan oleh para shahabat terhadap anak-anak mereka.

Sungguh para ulama telah mengatakan dengan tegas bahwa seorang pemimpin itu memerintahkan orang yang dibawah kepemimpinannya dari anak-anak kecil untuk berpuasa agar mereka terlatih dan terbiasa serta akan menjadi tabiat atau kebiasaan, untuk melaksanakan prinsip (dasar) dari agama Islam pada hati-hati mereka.

apa sih keuntungan berpuasa dibulan ramadhan???

* Puasa melatih adik-adik mengatur emosi. dengan berpuasa, adik-adik kan juga belajar mengendalikan diri dan kemauan karena harus menahan lapar pada waktu tertentu.

* Berpuasa membuat adik-adik lebih kreatif. karena terkondisi mencari cara untuk mengisi waktu dan mengalihkan rasa lapar ke kegiatan lain

*menambah tabungan pahala.

Do'a Niat Puasa :
nawaitu shauma godhin 'an adaai fardli syahri ramadlaani haadzihis sanati lillahi ta'aalaa

Do'a Buka Puasa :
allahumma laka shumtu wa bika amantu wa 'alaa rizqika afthartu birahmatika ya arhamarrohimin

adik-adik, Ramadhan adalah bulan mulia yang ditunggu-tunggu oleh setiap muslim. Begitu banyak keutamaan dan pahala yang dijanjikan Allah untuk orang yang ikhlas menjalankan ibadah-ibadah, baik yang wajib yaitu shalat, puasa.. maupun yang sunnah seperti berinfaq, mengaji, menolong ibu dan ayah..

Nah, mari kita manfaatkan kesempatan ini sebaik-baiknya. Selamat menjalankan ibadah puasa Ramadhan ya.

Tidak ada komentar: